Asuhan Neonatus, Bayi, dan Anak
Materi Kuliah 13, tanggal 5 Mei 2013
“DENVER
DEVELOPMENTAL SCREENING TEST II (DDST II)”
+
PENGERTIAN
STIMULASI
Perangsangan dan latihan-latihan terhadap
perkembangan anak yang datangnya dari lingkungan di luar anak
+
TUJUAN
Memantau pertumbuhan dan
perkembangan anak mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang baik dan
optimal
+
YANG
DAPAT MELAKUKAN STIMULASI
· Bidan
· Perawat
· Dokter
· Psikolog
· Psikiater
· Phyisioterapist
· Guru
· Keluarga
· Sosial worker
+
KEMAMPUAN
PERKEMBANGAN YANG DI STIMULSI
a. Personal sosial, kemandirian, dan bergaul
b. Adaptif motorik halus
c. Bahasa,bicara dan kecerdasan
d. Motorik kasar
+
DDST
II
o
Bukan tes IQ
o
Bukan tes diagnostik
o
Mudah dan cepat dilakukan
o
Dapat diandalkan
o
Validasi tinggi
o
Berisi 125 item
o
Bukan pemeriksaan fisik
o
Bukan peramal kemampuan
adaptif untuk masa depan
o
Membandingkan kemampuan
anak seusia
· Kegunaan
a. Menilai perkembangan anak sesuai dengan usia
b. Memantau anak usia 0-6 tahun
c. Monitor anak dengan resiko perkembangan
d. Menjaring anak terhadap adanya kelainan
e. Memastikan apakah anak dengan persangkaan adanya
kelainan, benar-benar ada kelainan
· Cara pemeriksaan DDST II
a. Dilakukan secara kontinue
b. Harus dengan ibu atau pengasuh
c. Anak dan ibu dalam keadaan santai
d. Satu formulir digunakan beberapa kali pada satu
pasien
e. Bayi diatas tempat tidur,anak duduk dikursi
lengan diatas meja
· Prinsip dalam melakukan DDST II
- Bertahap dan berkelanjutan
- Dimulai dari tahapan perkembangan yang telah
dicapai anak
-
Alat bantu stimulasi yang
sederhana
-
Suasana nyaman bervariasi
-
Perhatikan gerakan spontan
oleh anak
-
Dilakukan dengan wajar dan
tanpa paksaan,tidak menghukum
-
Berikan pujian
-
Pada saat test g hanya satu alat
· Alat untuk DDST II
a. Benang sulaman merah
b. Kismis/ permen
c. Kerincingan dengan pegangan
d. Kubus kayu berwarna 8-10 bh
e. Lonceng kecil
f. Botol kaca bening
g. Boneka dan dot kecil
h. Cangkir plastik
i. Pensil warna
j. Kertas dll
· Cara menghitung umur anak
Contoh kasus
o
Nanda, dibawa ibunya ke
poli tumbang pada tanggal 19 oktober 2009, tanggal lahir nanda 5 april 2007
hitunglah umur nanda dan gambar garis umurnya
Jawab
Tgl
test 2009 10 19
Tgl
lahir 2007 4 5
-------------------------------------------------
Umur
anak 2 6 14
· Cara melakukan test DDST II
Ikuti
petunjuk yang ada di lembar DDST II, apakah anak bisa melakukan pada tiap sektor
jika lulus maka tulis P = passed, gagal ( F = fail ) atau jika
anak tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan uji coba tulis No oportunity =
NO, dan jika menolak untuk melakukan tulis R = Refusal. Kemudian tarik garis berdasarkan umur yang
memotong garis horisontal tugas perkembangan pada formulir DDST
· Penilaian
ü Interpretasi penilaian tiap item/gugus tugas
o
0 = F (fail / gagal)
o
M = R ( refusal / menolak)
o
V = P ( pass / lewat )
o
No = no oportunity
1.
Advance
-
Apabila anak dapat
melaksanakan tugas pada item di sebelah kanan garis umur
2.
Normal
-
Apabila anak gagal/menolak tugas pada item di sebelah kanan garis umur
-
Apabila anak lulus, gagal/menolak tugas di mana garis umur berada di antara 25-75% (warna putih)
3.
Caustion
-
Apabila anak gagal/menolak tugas pada item di mana garis umur berada di antara 75%-90% (warna
hijau)
4.
Delay
-
Apabila anak gagal/menolak tugas pada item yang
berada di sebelah
kiri garis umur
5.
No oportunity
-
Anak mengalami hambatan
-
Anak tidak ada kesempatan
untuk melakukan ujicoba
-
Orang tua melaporkan anak
mengalami hambatan
ü Interpretasi hasil keseluruhan ( 4 sektor)
1. Normal
-
bila tidak ada delay
-
paling banyak 1 (satu)
caution
-
lakukan ulangan pemeriksaan
berikutnya
2. Suspect
-
bila di dapatkan 2 (dua) /
lebih caution atau bila didapatkan 1 atau lebih delay
-
lakukan uji ulang dalam 1-2 minggu untuk
menghilangkan faktor sesaat (takut, lelah, sakit dll)
3.
Untestable
-
bila ada score menolak satu
atau lebih item disebelah kiri garis umur
-
bila menolak lebih dari
satu item pada area 75 % - 90 % (warna hijau)
0 comments:
Post a Comment